2013 KPK Diprediksi Panen Koruptor Kakap

2013 KPK Diprediksi Panen Koruptor Kakap
2013 KPK Diprediksi Panen Koruptor Kakap
JAKARTA - Tantangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tahun 2013 semakin berat. Sebab, saat ini banyak kasus korupsi besar yang masih berproses di tahap penyelidikan dan penyidikan. "Apabila KPK mampu memertahankan konsisitensinya, maka di tahun 2013 nanti KPK akan panen tangkapan koruptor kakap," kata anggota Komisi III DPR, Indra, Jumat (28/12).

Karenanya, ia menyatakan ada beberapa catatan penting dan skala prioritas yang harus dilakukan KPK. Pertama, lembaga antirasuah itu harus lebih mengefektifkan penggunaan Undang-undang tindak pidana pencucian uang. "Pembuktian terbalik dan pemiskinan koruptor harus dilakukan," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Kedua, lanjut dia, KPK harus memerkuat sektor pencegahan dan pendidikan atau kampanye anti korupsi bagi masyarakat luas. Ketiga, KPK harus menjadikan pemberantasan korupsi di sektor pertambangan, kehutanan, perpajakan, aparat penegak hukum dan peradilan, sebagai salah satu fokus utama. Keempat, KPK harus memerkecil ketergantungan Sumber Daya Manusia dari instansi lain.

"Oleh karena itu,  sebuah keharusan bagi KPK untuk melakukan perekrutan penyidik dan penuntut mandiri atau independen dengan jumlah yang banyak," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Tantangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tahun 2013 semakin berat. Sebab, saat ini banyak kasus korupsi besar yang masih berproses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News