2014, Laporan Keuangan 262 Pemda Harus WTP

2014, Laporan Keuangan 262 Pemda Harus WTP
2014, Laporan Keuangan 262 Pemda Harus WTP
JAKARTA - Upaya mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah terus dilakukan. Kali ini, pemerintah menargetkan jumlah kabupaten/kota yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) harus naik signifikan.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, saat ini, dari 524 kabupaten/kota di Indonesia, belum sampai 10 persen yang mencapai opini terbaik WTP. "Pada 2014, kami targetkan 262 kabupaten/kota harus bisa WTP," ujarnya di acara Regional Public Sector Conference (RPSC) yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Rabu (9/11).

Sebagai gambaran, saat ini, sekitar 330 kabupaten/kota (63 persen) baru mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), 131 kabupaten/kota mendapat opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP), dan 31 kabupaten/kota mendapat opini terburuk Tidak Wajar (TW).

Menurut Gamawan, memang ada tren positif peningkatan opini WTP yang diraih pemerintah daerah dalam lima tahun terakhir. "Namun, pertumbuhannya masih terbilang minim, lambat, ini yang harus dipercepat," katanya.

JAKARTA - Upaya mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah terus dilakukan. Kali ini, pemerintah menargetkan jumlah kabupaten/kota yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News