24.916 Jamaah Dapat Pengembalian Ongkos

24.916 Jamaah Dapat Pengembalian Ongkos
24.916 Jamaah Dapat Pengembalian Ongkos

jpnn.com - JAKARTA - Pemangkasan kuota haji 20 persen mulai tahun lalu menyisakan sejumlah persoalan. Antara lain, munculnya 24.916 calon jamaah haji yang sudah melunasi BPIH 2013, tetapi batal berangkat (jamaah lunas tunda). Tahun ini mereka hampir dipastikan berangkat sekaligus mendapat pengembalian ongkos (susuk) BPIH

Tahun lalu Kementerian Agama (Kemenag) mengatur ketentuan bagi jamaah lunas tunda itu. Ketentuannya, bila BPIH 2014 lebih mahal, jamaah lunas tunda tersebut tidak akan dibebani selisih biaya. Sebaliknya, jika BPIH 2014 lebih rendah, jamaah lunas tunda akan mendapat pengembalian selisih biaya.

Sebagaimana diberitakan kemarin, dari sisi dolar AS (USD), BPIH tahun ini lebih murah USD 308 jika dibandingkan dengan BPIH 2013. Meski, setelah dikurs ke rupiah, BPIH tahun ini lebih mahal sekitar Rp 3 juta.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu menyatakan, pihaknya sudah menghitung kalkulasi untuk calon jamaah haji lunas BPIH 2013 yang batal berangkat. “Kesimpulan penghitungan kami, mereka (jamaah lunas tunda, Red) akan mendapat pengembalian dari selisih BPIH,” katanya.

Tetapi, Anggito menyatakan, angka pasti pengembalian itu belum bisa dibeber ke publik. Alasannya, Kemenag masih menghitung secara resmi. Dia hanya menuturkan bahwa nominal pengembalian tersebut berbeda-beda di setiap embarkasi.

Anggito meminta 24.916 jamaah lunas tunda tersebut bersiap-siap. Sebab, hampir dipastikan mereka berangkat haji tahun ini. Kecuali, ada alasan darurat dari calon jamaah haji yang bersangkutan sehingga tidak bisa berhaji tahun ini. Misalnya, meninggal, tidak mendapat izin dari kantor, atau sakit kronis.

Ringkasan perjalanan haji tahun lalu, kuota jamaah haji Indonesia dikepras dari 211 ribu menjadi 168.800 jamaah. Perinciannya, 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 jamaah haji khusus. Setelah masa pelunasan biaya haji 2013 ditutup, ternyata jumlah yang melunasi BPIH reguler lebih besar daripada kuota baru tersebut. Karena itu, ada 24.916 jamaah lunas BPIH yang batal berhaji karena terkena pemangkasan kuota.

Tahun ini Kemenag akan menghitung dengan tepat sehingga bisa meminimalkan calon jamaah lunas tunda. Diharapkan, calon jamaah haji yang melunasi BPIH 2014 bisa berangkat ke Arab Saudi semua. Sampai sekarang Kemenag belum melansir nama-nama calon jamaah haji yang berhak melunasi BPIH 2014.(wan/c5/kim)

JAKARTA - Pemangkasan kuota haji 20 persen mulai tahun lalu menyisakan sejumlah persoalan. Antara lain, munculnya 24.916 calon jamaah haji yang sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News