25 Agustus Dilantik jadi Anggota Dewan, Kemarin Ditahan

25 Agustus Dilantik jadi Anggota Dewan, Kemarin Ditahan
25 Agustus Dilantik jadi Anggota Dewan, Kemarin Ditahan

jpnn.com - BALEENDAH - Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada akhir bulan Agustus yakni Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung periode 2014-2019, Rizki Taufiq, akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri Bale Bandung.

Bahkan yang paling menggelitik, Rizki ini baru dilantik pada 25 Agustus 2014 atau baru 11 hari menjabat anggota DPRD Kabupaten Bandung.
    
Kasi Pidsus Kejari Bale Bandung, Andri Juliansyah kepada wartawan ketika dihubungi melalui telepon genggamnya, Kamis (4/9), mengatakan, bahwa Rizki ditangkap pada Kamis (4/9) sekitar pukul 10.00 WIB.
    
"Tadi pagi (Kemarin-red) kita sudah tahan tersangka agar tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. Tersangka kemudian dititipkan di LP Kebonwaru hingga 20 hari ke depan sambil menunggu proses selanjutnya," ujar Andri.
    
Diejaskan Andri, bahwa hingga saat ini belum ada penetapan tersangka lain. Baik dari anggota dewan maupun pihak sekolah yang diberikan bantuan. Namun sejumlah pihak telah dimintai keterangan untuk memperdalam kasus tersebut.

"Hingga saat ini, untuk sebagian anggota dewan dan sekolah masih menjadi saksi. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa berkembang dan bertambah pelakunya," ucapnya.
    
Ditegaskan Andri, bahwa pihak Kejari tidak akan segan-segan untuk menetapkan tersangka bagi pihak yang terlibat dalam kasus tersebut. Bahkan, pemeriksaan akan terus dilakukan pihaknya untuk membongkar kasus yang merugikan negara sekitar Rp 1,5 miliar.
    
"Iya, tersangka diduga melakukan penyalahgunaan dana dalam pekerjaan pembangunan taman, lapangan upacara dan fasilitas parkir di 29 SD di Kabupaten Bandung. Dananya berasal dari APBD tahun 2013," terangnya.
    
Lebih jauh, Andri melanjutkan, bahwa dari hasil penyelidikan terdapat tambahan dua sekolah yang diberi bantuan. Total sekolah yang diberikan bantuan berjumlah 31 SD.
    
Penetapan lokasi sekolah penerima dana bantuan didasarkan pada Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung nomor : 642/3458-Disdikbud tentang Penetapan Lokasi Sekolah Dasar Penerima Anggaran Biaya Tambahan Taman, Lapangan Upacara dan Fasilitas Parkir SD.
    
"Untuk jumlah anggaran keseluruhan kegiatan pekerjaan pembangunan tersebut sebesar Rp 1,55 miliar untuk 31 SD. Setiap sekolah mendapat bantuan Rp 50 juta yang dikirim melalui rekening sekolah," pungkasnya.
    
Sekedar diketahui, calon anggota legislatif (caleg) petahana DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Demokrat Rizki Taufik (33) yang juga anak dari Ketua DPRD Kabupaten Bandung Toto Suharto, terlilit kasus dugaan korupsi penyalahgunaan proyek pembangunan taman lapangan upacara dan fasilitas parkir di 29 SDN di Kabupaten Bandung senilai Rp 1.550.000.000 dari APBD tahun 2013 lalu.(try)


BALEENDAH - Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada akhir bulan Agustus yakni Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung periode


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News