26 Tahun Tak Terlihat, Rantis Marinir Ini Masih Luar Biasa

26 Tahun Tak Terlihat, Rantis Marinir Ini Masih Luar Biasa
Rantis Marinir MAN Kat1 8x8 LEGUAN MLC70. Foto: diambil dari Instagram Pasmar 1 @pasmar_1_korps_marinir

jpnn.com, JAKARTA - Kendaraan taktis atau rantis TNI AL yang satu ini sudah jarang terlihat. Apa itu?

MAN KAT1 8x8 LEGUAN MLC70, sebuah truk jembatan (bridgelayer) yang menjadi arsenal Zeni Korps Marinir.

Kemunculan pertama dari rantis marinir tersebut di muka publik adalah saat HUT ABRI 5 Oktober 1995 di Lanud Halim Perdanakusuma.

Dengan dimensinya yang paling besar dalam defile alutsista, dua unit MAN KAT1 yang melintas di depan podium kehormatan menjadi pusat perhatian warga saat itu.

Seperti menjawab kerinduan publik setelah 26 tahun berlalu, Korps Marinir TNI AL memperlihatkan sosok MAN KAT1 8×8 LEGUAN MLC70 saat latihan.

Setelah lebih dari dua dekade sejak dipamerkan, jembatan taktis darurat itu ternyata masih dalam kondisi luar biasa, baik dan terawat.

MAN KAT 1 8x8 LEGUAN MLC70 muncul lagi saat para prajurit Batalyon Zeni 1 Marinir (Yon Zeni 1 Mar) mengasah kemampuan dan profesionalisme dalam Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (23/8).

Kegiatan LPK ini dipimpin oleh Letda Marinir Dwi Budiyanto selaku Danton Zikon, dan bertindak sebagai Katim materi adalah Serka Mar Heri Sutarmo yang memberikan pelajaran teori dilanjutkan dengan praktek langsung untuk lebih memahami teknis pengoperasian jembatan taktis darurat.

Rantis marinir yang satu ini besar, panjang, tetapi hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk menggelarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News