27 Mei, Matahari Tepat di Atas Kakbah

27 Mei, Matahari Tepat di Atas Kakbah
27 Mei, Matahari Tepat di Atas Kakbah
PALEMBANG – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel mengajak seluruh umat muslim di Sumsel, termasuk para pengurus masjid, musala, dan langgar untuk menyesuaian arah kiblat pada 27 Mei nanti. Pasalnya, pada pukul 16.18 WIB hari itu, posisi matahari tepat di atas Kakbah (Rashdul Qiblat).

”Pada 27 Mei pukul 16.18 WIB, bertepatan dengan pukul 12.18 WAS (Waktu Arab Saudi) atau 17.18 WITA,” ujar Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Haitami MM melalui Kasubbag Hukmas dan KUB, Saefudin Latif SAg didampingi staf Hisab dan Rukyat, Jamilul Achmadi SAg, Kamis (24).

Dijelaskannya, sebenarnya setiap tahun ada dua masa waktu yang sangat akurat untuk melakukan penyesuaian arah kiblat. Di tahun Kabisat (366 hari) seperti tahun ini, Rashdul Qiblat terjadi pada 27 Mei dan 15 Juli nanti. Sedangkan untuk tahun Basithah, Rashdatul Qiblat pada 28 Mei dan 16 Juli.

”Untuk  keakuratan jam dapat mengacu pada siaran RRI. Pasalnya, penyesuaian arah kiblat ini punya toleransi sekitar empat menit dari waktu yang ditentukan,” tutur Saefudin. Nah, pada pukul 16.18 WIB itu, Kakbah pada posisi 21 derajat 25 menit dan 20 detik Lintang Utara, sedangkan deklinasi matahari pada posisi 21 derajat 25 menit 18 detik.

PALEMBANG – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel mengajak seluruh umat muslim di Sumsel, termasuk para pengurus masjid, musala,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News