3 Alasan Pentingnya Perlindungan Keamanan pada Smartphone, Silakan Disimak

3 Alasan Pentingnya Perlindungan Keamanan pada Smartphone, Silakan Disimak
Keamanan data pribadi. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com, JAKARTA - Era digitalisasi yang semakin berkembang membuat smartphone tidak hanya sebagai alat komunitkas, tetapi sudah bisa digunakan untuk apapun seperti data pribadi hingga transaksi finansial yang cepat dan nyaman.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, tersembunyi ancaman serius yang mengancam data pribadi, keuangan, dan bisnis pengguna.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan tiga alasan penting mengapa ponsel cerdas memerlukan perlindungan keamanan yang serius.

Pertama, ponsel cerdas tidak lagi hanya menyimpan nomor kontak dan pesan teks, tetapi berubah menjadi dompet digital yang menyimpan uang masa kini.

Asia Tenggara telah menjadi panggung bagi ledakan adopsi dompet seluler setelah pandemi, dengan lebih dari 86 layanan uang seluler langsung muncul di wilayah ini tahun lalu. Penggunaan e-wallet juga semakin berkembang pesat.

Namun, dengan pertumbuhan ini, timbul risiko keamanan yang serius.

"Kami mencatat 1.083 Trojan mobile banking telah diblokir di wilayah Asia Tenggara pada tahun 2022, sementara sebanyak 207.506 insiden malware mobile terjadi," kata dia dalam siaran persnya, Senin (14/8).

Kedua, perangkat seluler juga menjadi ancaman potensial bagi lingkungan bisnis. Di luar fungsinya sebagai alat komunikasi, HP itu sering digunakan untuk mengakses email dan aset perusahaan.

Peneliti keamanan siber mengungkapkan tiga alasan penting mengapa ponsel cerdas memerlukan perlindungan keamanan yang serius. Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News