JPNN.com

3 Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang

Selasa, 08 Oktober 2019 – 04:19 WIB 3 Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang - JPNN.com

jpnn.com - Menghilangkan lemak di pinggang lebih dari sekadar berapa banyak Anda sit-up. Usaha tersebut perlu didukung perubahan diet dan gaya hidup. Jika sudah tak nyaman dengan timbunan lemak di pinggang, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengusir kelebihan lemak tersebut.

Bicara tentang lemak di pinggang, lemak di perut juga tak bisa dipisahkan. Lemak di pinggang dan lemak di perut adalah suatu “kesatuan” yang sama-sama harus dienyahkan. Lemak di area tubuh tersebut diketahui tidak “merespons” secepat lemak lainnya meski sudah dilakukan diet dan perubahan gaya hidup. Itu karena lemak di pinggang letaknya lebih dalam dan dekat dengan organ vital di dalam rongga perut.

Punya lemak di pinggang, kapan harus waspada?

Tak memandang tinggi badan maupun indeks massa tubuh, sebaiknya turunkan berat badan jika lingkar pinggang sudah mencapai 94 cm pada pria, atau mencapai 80 cm atau lebih pada wanita.

Apabila lingkar pinggang sudah mencapai 102 cm atau lebih pada pria dan 88 cm atau lebih pada wanita, ada risiko lebih tinggi untuk mengalami beberapa gangguan kesehatan. Misalnya penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, kanker, dan stroke.

Cara menghilangkan lemak di pinggang
Untuk menghilangkan lemak pinggang (sekaligus lemak perut), ada tiga hal utama yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Konsisten diet
Lakukan langkah-langkah ini:

  • Kurangi makanan atau minuman dengan gula tambahan, misalnya permen, minuman olahraga, minuman bersoda, dan lain-lain. Pengurangan ini tak berlaku pada gula alami yang terkandung dalam buah-buahan.
  • Tingkatkan konsumsi lemak baik, misalnya dari alpukat, minyak zaitun, kacang, biji-bijian, serta ikan.
  • Tingkatkan konsumsi serat dari kacang, oat, buah, dan sayur, yang juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Tingkatkan konsumsi protein dari putih telur, kacang, makanan laut, ayam, dan daging tanpa lemak. Itu semua juga bisa mempertahankan rasa kenyang sehingga mengurangi hasrat ingin ngemil.
  • Tetap terhidrasi dengan minum air putih. Ini penting untuk mengurangi konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, yang pada akhirnya dapat menambah lemak di perut dan pinggang.
  • Pilih karbohidrat kompleks seperti ubi, oat, dan beras merah yang mengandung serat tinggi dan lebih lama dicerna, sehingga Anda akan kenyang lebih lama.

2. Olahraga secara rutin
Selain dengan melakukan perubahan pola makan, maksimalkan dengan olahraga secara teratur.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...