3 Kapal Perang, 1 Helikopter dan 550 Prajurit TNI AL Dikerahkan Menjaga Perairan Bali

3 Kapal Perang, 1 Helikopter dan 550 Prajurit TNI AL Dikerahkan Menjaga Perairan Bali
Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto (tengah) berbincang dengan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo (kiri) dan Komandan KRI Sultan Hasanuddin Letkol Laut (P) Ahmad Ahsan (kanan) di atas KRI Sultan Hasanuddin saat apel gelar pasukan pengamanan GPDRR 2022 di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Rabu (25/5/2022). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

jpnn.com, DENPASAR - Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan TNI AL mengerahkan tiga Kapal Perang Republik Indonesia, yakni KRI Sultan Hasanuddin, KRI Keris dan KRI Surabaya, menjaga wilayah perairan Bali saat Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

“KRI surabaya stand by untuk sewaktu-waktu digerakkan dalam kegiatan ini," kata Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto di Denpasar, Rabu (25/5).

Selain mengerahkan KRI, pihaknya dalam pengamanan GPDRR 2022 juga menyiagakan satu helikopter dan sea rider di kawasan Nusa Dua untuk kepentingan kedaruratan.

"Helikopter akan digunakan untuk mengantisilasi kedaruratan, sedangkan sea rider kami juga siapkan untuk apa pun pergerakan-pergerakan sehingga nanti bisa menuju lokasi apa yang diperlukan,” kata Iwan Isnurwanto di didampingi Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo.

Dia menambahkan sekitar 550 orang prajurit TNI AL juga dikerahkan dalam pengamanan GPDRR 2022, baik dari unsur KRI, Lanal Denpasar serta personel dari helikopter.

Menurut Iwan, seluruh personel ini telah sesuai dengan pengawakan yang sudah ditentukan. 

“Kami akan meng-cover dan melaksanakan penyekatan area di laut di mana tempat pelaksanaan GPDRR sehingga tidak ada wahana laut yang masuk dan menembus daerah tersebut," ungkapnya.

Selain melakukan pengamanan wilayah laut, TNI AL juga menyiagakan para prajurit di kawasan pelabuhan dan pangkalan untuk menyisir berbagai daerah dan area guna menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan GPDRR 2022.

TNI AL mengerahkan 3 KRI, 1 helikopter dan sea rider serta 550 Prajurit TNI AL dikerahkan menjaga perairan Bali selama perhelatan GPDRR 2022. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News