3 Makanan ini Bikin BAB Lancar

3 Makanan ini Bikin BAB Lancar
Ilustrasi apel. Foto: Pixabay

jpnn.com - Mengalami konstipasi, atau susah buang air besar (BAB) tentu sangat menganggu dan tidak enak rasanya.

Konstipasi bisa dicegah dengan sejumlah cara, salah satunya memilih makanan yang tepat. Di bawah ini merupakan beberapa pilih makanan yang tepat untuk mencegah konstipasi:

1. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik, dengan satu apel kecil (5,3 ons atau 149 gram) mengandung 4 gram. Serat melewati usus tanpa dicerna, sehingga membantu pembentukan tinja dan membantu gerakan usus.

Apel juga mengandung jenis serat larut spesifik disebut pektin yang dikenal dengan efek laksatif. Hal itu bisa mengurangi gejala sembelit, bahkan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam usus.

Apel dapat digunakan sebagai topping yang sehat untuk makanan seperti yoghurt dan oatmeal atau dinikmati sendiri sebagai camilan bergizi.

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan varietas kacang tinggi serat dan dapat membantu menjaga keteraturan. Misalnya, kacang hitam mengandung 7,5 gram serat per setengah cangkir yang dimasak (86 gram), sementara setengah cangkir (91 gram) kacang hijau yang dimasak mengandung 9,5 gram serat.

Susah buang air besar bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dengan mengenali sejumlah gejalanya, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News