3 Penyakit Ini Rentan Dialami Ibu Hamil di Trimester Pertama

3 Penyakit Ini Rentan Dialami Ibu Hamil di Trimester Pertama
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay

jpnn.com - Sejak trimester pertama kehamilan, ibu hamil harus menjaga kesehatannya. Bila tidak, berbagai gangguan kesehatan ini bisa menyerang.

Trimester pertama bisa jadi periode paling menantang bagi para ibu hamil. Sebab, perubahan besar mulai terjadi dalam tubuhnya, baik fisik maupun psikis. Perubahan ini tidak lain karena perkembangan sang janin dalam kandungan dan perubahan hormon dalam tubuhnya.

Berbagai penyakit yang perlu diwaspadai di trimester pertama

Gembira menyambut kehadiran buah hati sudah pasti dirasakan. Segala cara pun dilakukan untuk menjaga kehamilan tetap sehat, salah satunya dengan membekali diri tentang penyakit apa saja yang dapat mengganggu lancarnya kehamilan di trimester pertama.

Pasalnya, berbagai penyakit yang mungkin mengancam berikut ini tidak hanya akan berdampak pada kesehatan sang ibu, namun juga janin yang ada dalam kandungannya.

1. Mual dan muntah terus-menerus

Menurut penelitian, setidaknya 70-80 persen ibu mengalami mual muntah di awal kehamilannya. Selama mual yang dialami tidak sampai mengganggu aktivitas dan pola makan dengan signifikan, ibu tidak perlu khawatir.

Hal ini merupakan proses yang normal akibat adanya perubahan hormon selama masa kehamilan, terutama di trimester pertama. Mual umumnya mulai dirasakan ketika usia kehamilan menginjak 4-6 minggu dan bertahan hingga 12 minggu.

Untuk mencegah keluhan ini mengganggu kenyamanan trimester awal kehamilan, pastikan ibu hamil mengonsumsi serat dalam jumlah cukup.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News