3 PLTA di Jabar Bikin Hemat BBM Rp 15 Triliun

3 PLTA di Jabar Bikin Hemat BBM Rp 15 Triliun
3 PLTA di Jabar Bikin Hemat BBM Rp 15 Triliun

jpnn.com - BANDUNG - Tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang berada di Jawa Barat mampu memberikan kontribusi yang besar dalam menghemat pengunaan bahan bakar minyak (BBM).

Tiga PLTA itu yakni, PLTA Saguling berkapasitas 700 Mega Watt (MW) dengan produksi listrik 2156 GwH per tahun, PLTA Cirata berkapasitas 100 Mw dengan produksi 1426 GwH per tahun, PLTA Jatiluhur berkapasitas 180 Mw dengan produksi 790 GwH per tahun.

"Tiga PLTA ini mampu menghemat BBM setara dengan 1,3 juta ton per tahun atau setara dengan Rp 15 triliun per tahun," ujar General Manager Unit Bisnis Pembangkit PLTA Saguling PT Indonesia Power, Del Eviondra saat Media Gathering PT PLN di Dago, Bandung, Jumat (28/2).

Selain dapat menghemat penggunaan BBM, seluruh PLTA yang bersumber dari sungai Citarum ini juga mampu memberikan manfaat lain bagi masyarakat. Seperti untuk waduk, sektor pertanian, konservasi dan sebagainya.

Sedangkan untuk sektor perikanan dan sumber air minum, sungai Citarum sudah tak dapat diandalkan lagi. Mengingat kondisi air sungai Citarum yang makin memburuk lantaran tercemar berbagai limbah.

"Kualitas air sungai citarum dari waktu ke waktu sudah makin buruk, sehingga kalau dimanfaatkan untuk air minum dan perikanan, wah sangat tidak dianjurkan sekali," terang dia. (chi/jpnn)


BANDUNG - Tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang berada di Jawa Barat mampu memberikan kontribusi yang besar dalam menghemat pengunaan bahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News