3 PR Utama Ini Harus Dituntaskan Jenderal Andika

3 PR Utama Ini Harus Dituntaskan Jenderal Andika
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (berbaju loreng) berfoto bersama pimpinan DPR seusai rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/11). DPR telah menyetujui usul Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penunjukan Jenderal Andik sebagai Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang segera memasuki masa pensiun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan ada tiga pekerjaan rumah atau PR utama yang harus diselesaikan Jenderal Andika Perkasa ketika nanti menjabat Panglima TNI. 

Pertama, Jenderal Andika perlu menjaga kedaulatan NKRI khususnya di wilayah perbatasan yang sedang memanas seperti di Laut Natuna Utara, hingga perbatasan Papua dengan Papua Nugini.

"Dua wilayah ini menjadi perhatian dari masyarakat Indonesia dan internasional. Langkah taktis, strategis, dan humanis harus dilakukan secara tepat," kata Sukamta melalui layanan pesan, Senin (8/11).

Kedua, Jenderal Andika harus menguatkan pertahanan siber dan bawah laut.

Sebab, ujar dia, selama beberapa tahun terakhir pertahanan siber dan bawah laut Indonesia berulang kali bobol. 

Wakil rakyat dari Dapil Yogyakarta itu mencontohkan, situs-situs pemerintah dibobol peretas. Para peretas kemudian mengambil data strategis negara. 

Sementara itu, seaglider memetakan bawah laut Indonesia dengan beragam potensi lautannya.

"Panglima TNI yang baru harus punya strategi dan solusi menangani masalah-masalah ini," ujar legislator Fraksi PKS itu.

Jenderal Andika harus menuntaskan tiga PR utama ini ketika menjabat sebagai Panglima TNI. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News