3 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Liburan

3 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Liburan
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Liburan adalah waktu yang ditunggu banyak orang. Anda bisa sejenak meninggalkan rutinitas dan me-refresh diri. Namun, tak jarang liburan juga menjadi gerbang masuknya berbagai kebiasaan tidak sehat yang bisa membahayakan kesehatan Anda, seperti jantung.

Waktu tidur tidak teratur, makan sembarangan, tidak berolahraga adalah beberapa hal yang sering dilakukan saat sedang liburan yang bisa berdampak buruk bagi jantung. 

Untuk itu, tetap menjaga kebugaran dan kesehatan jantung selama Anda liburan adalah penting.

Menjaga kesehatan jantung selama liburan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu membutuhkan beberapa keputusan dan pemilihan yang sederhana tapi bisa berdampak besar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jaga pola makan

Salah satu aspek yang sering kali ‘kebobolan’ saat sedang berlibur adalah kebiasaan makan yang sehat. Saat berlibur, Anda cenderung ingin bebas dalam beraktivitas. Akibatnya, kontrol Anda terhadap makanan yang boleh masuk dan tidak agak melonggar, antara lain dalam memilih dan mengatur porsi makan.

Tak jarang, liburan jadi ajang untuk ‘mencurangi’ diet sehat yang mungkin selama ini telah dijalani. Sesekali menyantap makanan yang berlemak atau bersantan memang tak apa, tapi tetap jaga jumlahnya. Selain itu, jangan sampai kebiasaan ini terbawa terus hingga usai liburan hingga akhirnya menyebabkan gangguan jantung Anda.

2. Tetap berolahraga

Namun, tak jarang liburan juga menjadi gerbang masuknya berbagai kebiasaan tidak sehat yang bisa membahayakan kesehatan Anda, seperti jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News