5 Kesalahan yang Dilakukan Pria pada Organ Jantung

5 Kesalahan yang Dilakukan Pria pada Organ Jantung
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Jantung merupakan organ tubuh yang vital dan harus dijaga kesehatannya. Hanya saja, banyak kebiasaan pria yang pada akhirnya membahayakan kesehatan jantungnya sendiri.

Karena itu, hentikan sekarang juga bila Anda tak ingin menderita penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di berbagai negara. Mengetahui hal tersebut, seharusnya para pria lebih sadar untuk menjaga kesehatan jantungnya agar terhindar dari penyakit tersebut.

Hal ini dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School di Norwegia. Di mana sekitar 34 ribu penduduk Norwegia menjad subjek penelitian. Dari riset yang dilakukan, ditemukan bahwa risiko penyakit jantung pada pria bisa menjadi dua kali lipat dibandingkan dengan kaum wanita bila tidak menjaga kesehatan organ jantungnya, misalnya dengan memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras.

Dari riset tersebut, diketahui bahwa pria memang lebih sering merokok. Hal inilah yang kemudian membuat pria lebih rentan terkena penyakit jantung. Sementara itu, stres juga turut memicu masalah jantung.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter, studi membuktikan bahwa pria yang bekerja lebih rentan mengalami stres dibandingkan wanita. Saat stres, hormon epinefrin dalam tubuh pun meningkat dan bisa menyebabkan denyut jantung serta tekanan darah meningkat, sehingga pembuluh darah pun akan menyempit.

Kesalahan pria penyebab masalah jantung
Dari berbagai penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa pria memang lebih rentan mengalami serangan jantung karena kebiasaan tidak sehat yang dilakukannya.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang seharusnya tak dilakukan pria, karena justru mengancam kesehatan jantung:

Pria memang cenderung cuek terhadap kondisi kesehatannya. Tak heran, pria lebih rentan terkena penyakit jantung.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News