Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita pada Jantung

Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita pada Jantung
ILUSTRASI. Gejala serangan jantung pada Perempuan. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Tak hanya pria, gangguan jantung juga mengintai wanita. Sayangnya, banyak wanita yang tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan yang bisa berdampak buruk pada kondisi jantungnya. Misalnya, tidak berusaha menurunkan berat badan yang berlebih, tidak berhenti merokok, dan lain-lain. Bisa jadi Anda saat ini masih melakukan salah satunya.

Selain kondisi di atas, masih ada lagi beberapa kebiasaan lain yang bisa berdampak buruk pada kondisi jantung. Lima kebiasaan ini adalah kondisi yang bisa sangat memengaruhi jantung pada wanita. Jika Anda juga biasanya melakukannya, segera hentikan dan beralihlah dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat. 

1. Hanya berolahraga di dalam rumah dengan sepeda statis

Sudah beli sepeda statis, tapi alat olahraga tersebut menganggur karena Anda jarang berolahraga, dan hanya berakhir jadi pajangan di pojok ruang keluarga. Padahal, untuk mendapatkan manfaat sepeda statis secara optimal, Anda harus menggunakannya sesering mungkin dengan intensitas yang cukup tinggi.

2. Cek kesehatan hanya saat ada gejala muncul

Jika di dalam keluarga ada riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit jantung atau diabetes, memeriksa kesehatan secara rutin adalah sebuah kewajiban. Namun, sayangnya pada wanita lebih suka menunggu hingga sakit atau timbul gejala tertentu yang dirasakan mengganggu, lalu baru mengunjungi dokter. Padahal, ada alasan kenapa penyakit jantung dilabeli sebagai pembunuh nomor satu, yaitu karena bisa menyerang kapan saja tanpa mengenal waktu dan batas usia.

3. Sering mengabaikan gejala penyakit jantung yang kerap muncul

Wanita kerap memeriksakan diri hanya pada saat sakit, bahkan sering kali mengabaikan sejumlah gejala gangguan kesehatan. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita karier yang juga merangkap sebagai ibu rumah tangga. Ini karena umumnya mereka memprioritaskan kebutuhan orang lain ketimbang dirinya sendiri, utamanya pekerjaan dan keluarga.

Sayangnya, banyak wanita yang tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan yang bisa berdampak buruk pada kondisi jantungnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News