3 WN Tiongkok di Sulut Terindikasi Tertulari Covid-19 Omicron

3 WN Tiongkok di Sulut Terindikasi Tertulari Covid-19 Omicron
Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel MPH. ANTARA/Karel A Polakitan

jpnn.com, MANADO - Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel MPH mengungkapkan tiga warga negara asing (WNA) asal Tiongkok terindikasi terjangkiti virus corona varian Omicron. 

Tiga WNA berpaspor Tiongkok itu masuk ke Sulut melalui Bandara Sam Ratulangi. 

"Bandara Sam Ratulangi adalah satu dari beberapa bandara yang diizinkan pemerintah pusat untuk pelaku perjalanan internasional,” ujar Steaven di Manado, Sulut, Kamis (16/12).

Dia menambahkan sesuai peringatan dari World Health Organization (WHO) pada 22 November 2021, ada varian of concern yang harus diwaspadai bersama, yakni Omicron

Atas dasar peringatan tersebut, Satgas Covid-19 Sulut mengubah prosedur kekarantinaan dan penapisan bagi pelaku perjalanan internasional yang masuk ke provinsi yang beribu kota di Manado itu.

“Kami melakukan PCR dan antigen," katanya.

Dia menambahkan selama sepekan terakhir, ada enam pelaku perjalanan internasional berasal dari Tiongkok positif Covid-19.

Kemudian, mereka  diperiksa lanjutan ke BTKL-PP Mapanget menggunakan reagen khusus yang didatangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara menyebut tiga WNA asal China terindikasi tertulari Covid-19 varian Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News