30 Menit Berlayar, Kapal yang Membawa 81 Penumpang Terbakar

30 Menit Berlayar, Kapal yang Membawa 81 Penumpang Terbakar
Tampak suasana panik para penumpang saat kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 49, terbakar dalam pelayaran dari Pelabuhan Tenau – Kupang menuju Naikliu, Kabupaten Kupang, Rabu (20/1). Kebakaran terjadi dalam pelayaran di antara Pulau Semau dan Pulau Kera. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Kebakaran kapal di perairan Kupang terjadi lagi, Rabu (20/1), sekira pukul 23.30 Wita. Kali ini dialami kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 49. Kapal nahas tujuan Naikliu, Kabupaten Kupang itu, terbakar dalam pelayaran di antara Pulau Semau dan Pulau Kera.

Saat kebakaran terjadi, KM Sabuk Nusantara tengah mengangkut 81 orang penumpang dan 19 kru kapal. Semuanya selamat dievakuasi oleh kapal SAR Kupang dan kapal pandu Navigasi.

Kapolsek Alak, AKP Gigih Putranto, yang dikonfirmasi Timor Express (Grup JPNN), mengatakan dalam insinden kebakaran kapal itu, seorang penumpang mengalami luka bakar dan sudah dirawat di Rumah Sakit TNI AL Samuel J. Moeda Kupang.

“Kapal itu juga muat sembako dan bahan campuran. Beruntung api cepat dipadamkan. Sumber api diperkirakan muncul dari skoci kapal,” ujar Gigih.

Terpisah, Kepala Kantor SAR Kupang, Ketut Gere Ardana, mengatakan, informasi kebakaran kapal itu diketahui dari laporan Denny Sibarani, salah satu anggota Rescuer Kantor SAR Kupang.

“Informasinya, kapal itu terbakar saat pelayaran dari Kupang menuju Naikliu. Kapal berpenumpang 81 orang, 19 orang ABK dan seorang nahkoda,” kata Ardana.

Ia menjelaskan, KM Sabuk Nusantara 49 mengalami kebakaran di lambung kiri, pada koordinat 10° 09' 13. 98" S - 123° 31' 20.64" E. Kapal dengan bobot 2090 Gross Ton (GT) itu, selama ini melayani rute Kupang–Naikliu-Samlaki-Ambon.

“Pada pukul 24.00 Wita, kita berangkatkan tim rescuer berjumlah 21 orang menuju tempat kejadian musibah dengan menggunakan 1 unit rescue car, 1 unit  rescue truck, rescue boat 308, rigid 500 PK dan dilengkapi dengan peralatan SAR laut guna melaksanakan operasi SAR,” kata Ardana.

KUPANG – Kebakaran kapal di perairan Kupang terjadi lagi, Rabu (20/1), sekira pukul 23.30 Wita. Kali ini dialami kapal motor (KM) Sabuk Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News