300 Peserta SKB, Berapa yang Lulus CPNS 2018?

300 Peserta SKB, Berapa yang Lulus CPNS 2018?
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PASER - Kabupaten Paser belum mengumumkan kelulusan CPNS 2018. Diketahui, ada 300 peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Desember lalu.

“Ada 300 peserta yang mengikuti SKB. Meskipun jumlahnya melebihi formasi yang ada, kemungkinan tidak semua kuota bakal terisi,” sebut Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Paser Khozinatul Azror.

Sebelumnya pada 15 November lalu, dari 1.512 peserta yang terdaftar dan ada sebagian yang tidak hadir mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) itu. Hasilnya hanya 71 peserta yang lulus SKD.

Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Paser itu mengatakan, hasil ini sebenarnya cukup mengecewakan, karena ada 177 formasi yang dibuka. Setelah dibuat sistem perangkingan, ada 300 yang ikut tahap SKB.

Dari jumlah 177 formasi CPNS yang dibuka Pemkab Paser pada 2018, selain di sektor kesehatan sebanyak 174, sisa tiga formasi lainnya untuk tenaga guru honorer kategori 2 (K2).

Namun pada saat pendaftaran hanya satu orang pendaftar tenaga guru K2 yang bisa mengikuti tes dan lulus berkas. Padahal jumlah K2 yang terdaftar di BKPP Paser sekitar 116 orang.

Kendati hanya satu pendaftar dan ada tiga yang dibutuhkan, tidak ada jaminan bisa lulus karena harus melalui tahapan yang sudah ditentukan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Paser masih butuh 1.000 lebih guru yang harusnya bisa diangkat sebagai CPNS. Belum lagi dengan yang sudah berumur di atas 35 dan tidak bisa mengikuti CPNS. Untuk penerimaan CPNS honorer K2 ini, persyaratannya semua itu wewenang BKPP. Kami hanya mengusulkan. Yang jelas siapa pun dari K2 itu, wajib mengikuti tes seperti peserta CPNS pada umumnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser Murhariyanto belum lama ini. (jib/rsh/k18)

Tunggu pengumuman kelulusan CPNS 2018, dari 300 peserta SKB berapa ya yang lulus tahap akhir ini?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News