300 Ribu Paket Obat Akan Dibagikan untuk OTG Pekan Ini

300 Ribu Paket Obat Akan Dibagikan untuk OTG Pekan Ini
Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Panjaitan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajarannya agar meluncurkan 300 ribu paket obat untuk orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan indikasi ringan.

Perintah tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam rapat bersama jajarannya, Senin (12/7).

"Jadi paket obat ini akan menjangkau hampir 210 ribu kasus aktif yang kami berikan dan ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Ini akan dibagikan nanti oleh TNI bersama-sama elemen-elemen yang lain. Prosedurnya sudah disusun sehingga bisa jalan," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan selepas rapat.

Sebanyak 10 persen paket tersebut diperuntukkan bagi OTG, 60 persen bagi pasien dengan anosmia, dan 30 persen bagi pasien dengan gejala demam dan batuk.

Adapun terkait pemenuhan kebutuhan oksigen, pemerintah terus mengatur dan menata hal tersebut hasil kerja sama Kementerian Kesehatan dibantu oleh Kementerian PUPR dan BUMN.

Selain itu, pemerintah juga tengah memproses impor 40 ribu ton oksigen cair untuk antisipasi.

"Kami berjaga-jaga walaupun sebenarnya kami tidak butuh sebanyak itu. Tetapi kalau melihat tren dunia, perkembangan di Amerika, perkembangan di Inggris, di mana trennya sekarang meningkat tajam, kami lebih bagus berjaga-jaga sehingga kami tidak caught by surprise," ungkapnya.

Dia mengatakan pihaknya juga menggenjot program vaksinasi. Di sisi lain, PPKM Darurat juga terus digencarkan guna menekan mobilitas penduduk.

Ratusan ribu paket akan dibagikan kepada orang tanpa gejala dan pasien dengan indikasi penyakit Covid-19 ringan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News