3.000 Titik Reklame Bakal Ditertibkan Pemko Batam

3.000 Titik Reklame Bakal Ditertibkan Pemko Batam
Sejumlah papan reklame terpasang di Simpang Gelael Batamcenter, Rabu (23/8). Pemko Batam berencana akan menata titik reklame yang tidak sesuai estetika kota. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Pemerintah Kota Batam akan menata ribuan titik reklame yang tersebar di seluruh Batam.

Penataan titik reklame ini dilakukan karena tidak sesuai dengan estetika kota.

"Kemarin sudah kami hitung dan jumlahnya sekitar tiga ribu titik reklame yang ada saat ini," kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Batam, Gustian Riau, Sabtu (28/10.

Setelah melakukan kajian bersama konsultan, dari jumlah tiga ribu tersebut akan dikecilkan menjadi seribu lima ratus titik reklame saja.

Dia menjelaskan, nantinya reklame yang terpasang harus sesuai dengan estetika kota dan tidak boleh berdiri di median jalan. "Ini yang akan kita tertibkan, dan kami sudah menyurati pemilik reklame terkait penertiban ini," sebut Gustian.

Selain itu, tahun depan reklame konvensional yang terpasang harus diiperbaharui menjadi layar LCD dan menggunakan tenaga surya. "Jadi ketika lampu jalan padam, reklame ini tetap terang," imbuhnya.

Mengenai vidiotron, Gustian menjelaskan pemasangan akan ditempatkan di jalan-jalan dan simpang yang dinilai strategis. "dan itu menempel ke ruko dan tidak di median jalan, karena bisa mengganggu jalan yang sudah dilebarkan," tambahnya.

Untuk penertiban ini, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam. "Karena retribusi kan di mereka, jadi kami ajak untuk berdiskusi juga," ucap Gustian.

Pemerintah Kota Batam akan menata ribuan titik reklame yang tersebar di seluruh Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News