32 WNA India Akhirnya Dipulangkan, Begini Alasannya

Minggu, 25 April 2021 – 19:58 WIB
32 WNA India Akhirnya Dipulangkan, Begini Alasannya - JPNN.com
Logo Ditjen Imigrasi. Foto/ilustrasi: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta memulangkan 32 warga negara asing (WNA) asal India pada Minggu (25/4) (25/4) dini hari.

Pemulangan ke-32 warga negara India tersebut sebagai respons atas lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di India belakangan ini.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Sam Fernando mengatakan selama menunggu proses pemulangan belasan WNA tersebut ditempatkan di tempat khusus di Terminal 3 Bandara Soeta dengan pengawasan ketat.

"Selama menunggu proses pemulangan, mereka berada di tempat khusus Terminal 3 kedatangan internasional Soekarno-Hatta dengan pengawasan oleh pihak terkait melibatkan maskapai, aviation security serta Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP)," kata Sam dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Sebelumnya, lanjut Sam, pada 23 April 2021 Imigrasi Soekarno-Hatta menolak masuk 32 WNA India tersebut.

Mereka mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dengan maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK356 dari Dubai pada pukul 15:30 WIB.

Menurutnya, penolakan masuk dilakukan menimbang dinamika 'tsunami' Covid-19 sebagaimana dilaporkan oleh World Health Organization (WHO).

“Penolakan masuk ketiga puluh dua warga negara India merupakan langkah antisipatif yang dilakukan oleh Imigrasi Soekarno-Hatta guna mencegah Imported Case Covid-19," ungkap Sam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...