340 UMKM di Bogor Gabung Komunitas Binaan Airlangga Hartarto

340 UMKM di Bogor Gabung Komunitas Binaan Airlangga Hartarto
Sebanyak 340 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di enam kecamatan yang ada di Wilayah Kota Bogor, Jawa Barat tergabung dalam komunitas "UMKM usAHA" yang dibina oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: ANTARA/HO-Humas UMKM USAHA

jpnn.com, BOGOR - Sebanyak 340 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di enam kecamatan yang ada di Wilayah Kota Bogor, Jawa Barat tergabung dalam komunitas UMKM usAHA yang dibina oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengatakan UMKM usAHA merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat, yang fokus kegiatanya pada pelatihan UMKM.

Salah satu program yang sudah berjalan adalah Program Pelatihan WirausAHA Maju.

Tidak hanya di Kota Bogor, UMKM usAHA ternyata juga ada di wilayah lain. Di Jawa Barat total ada 4.111 UMKM, dan secara keseluruhan hingga saat ini ada sekitar 11 ribu UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA.

Jumlah tersebut menurut Uus masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM.

Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.

"Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM," kata dia.

Sementara itu, salah satu UMKM usAHA yakni Tauco Karunia Mandiri milik Nunung Anisah (58 tahun), di Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, menuturkan awalnya ia diajak bergabung oleh teman adiknya, yang lebih dulu bergabung dan menjadi salah satu koordinator UMKM.

UMKM usAHA yang dibina oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berhasil menggaet ratusan pelaku usaha kecil di Bogor

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News