344 Guru di Situbondo Terima SK PPPK, Bupati Karna Suwandi Berpesan Begini

344 Guru di Situbondo Terima SK PPPK, Bupati Karna Suwandi Berpesan Begini
Bupati Situbondo Karna Suswandi berfoto bersama perwakilan guru yang menerima surat keputusan pengangkatan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Situbondo, Jawa Timur, Senin (17/7/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo)

jpnn.com - SITUBONDO -Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) kepada 344 guru, Senin (17/7).

Bupati Situbondo Karna Suwandi mengatakan bahwa ada 345 guru yang lolos seleksi PPPK tenaga fungsional guru 2022 dan mendapatkan SK pengangkatan, tetapi satu orang di antaranya meninggal.

Menurutnya, satu orang yang meninggal dunia tidak boleh digantikan, karena semua terkait PPPK adalah kewenangan pemerintah pusat.

"Mulai dari pendaftaran hingga keluarnya surat keputusan. Mau mengganti ternyata tidak boleh. Ini menandakan bahwa PPPK sesuai formasi sudah paten, tidak bisa ditawar," katanya seusai acara penyerahan SK pengangkatan PPPK di Situbondo, Senin (17/7).  

Karna berpesan kepada 344 orang yang menerima SK pengangkatan sebagai PPPK tenaga fungsional guru agar bekerja dengan baik dan disiplin.

Dia menyampaikan bahwa pada perekrutan PPPK tenaga fungsional guru selanjutnya, guru-guru yang dalam ujian seleksi 2022 nilainya memenuhi syarat, akan diutamakan.

Namun, dia belum bisa menyampaikan kapan perekrutan PPPK guru akan dilakukan lagi.

"Kami terikat dengan UU Nomor 1 Tahun 2022 bahwa pengangkatan ASN tidak boleh melampaui belanja pegawai 30 persen, sedangkan belanja pegawai saat ini sudah 31 persen. Semoga tahun depan kami bisa merekrut PPPK," katanya.

Sebanyak 344 guru di Situbondo, Jawa Timur, menerima SK PPPK. Begini pesan Bupati Situbondo Karna Suwandi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News