352 Hewan Kurban Batal Dipotong, Ada yang Belum Cukup Umur

352 Hewan Kurban Batal Dipotong, Ada yang Belum Cukup Umur
Pemeriksaan kurban di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Senin (12/9). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta menemukan ratusan hewan kurban yang tidak layak potong di hari raya Iduladha tahun ini. Total 352 ekor hewan kurban tidak layak potong telah dikembalikan Dinas KKP ke pedagangnya.

Kepala Dinas KPKP Darjamuni mengatakan, rincian hewan yang dikembalikan itu adalah, 109 ekor karena sakit, 30 ekor cacat dan 213 tidak cukup umur. "Hewan yang sakit itu sakit biasa, seperti sakit mata. Jadi yang sakit, cacat dan belum cukup umur kami kembalikan ke penjualnya. Kami beri tanda sehingga tidak bisa dijual ke warga," kata Darjamuni saat dihubungi, Senin (12/9).

Darjamuni menuturkan, untuk memeriksa hewan kurban, pihaknya menggandeng pihak berkompeten dibidangnya. Termasuk di antaranya pihak Ikatan Dokter Hewan Jakarta serta Institut Pertanian Bogor (IPB). 

"Ada 808 petugas kesehatan yang dilepas ke 1.495 titik pemotongan untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban," pungkas dia. (rmol/dil/jpnn)


JAKARTA - Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta menemukan ratusan hewan kurban yang tidak layak potong di hari raya Iduladha


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News