392 Domba Bertarung Demi Hadiah dari Presiden

392 Domba Bertarung Demi Hadiah dari Presiden
Foto: from JawaPos.com

jpnn.com, KUNINGAN - Sebanyak 392 domba Garut beradu kekuatan di Lapang Randu, Jalan Juanda, Kuningan, Minggu (26/3) kemarin. Domba-domba jantan yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat itu berebut tiket menuju Piala Presiden pada Agustus mendatang.

Ada tiga kelas adu ketangkasan domba Garut yang diselenggarakan yaitu kelas A, B dan C berdasarkan bobot berat badan domba-domba tersebut. Salah seorang peternak domba Garut asal Sumedang Usep mengaku telah mempersiapkan enam domba unggulannya untuk mengikuti adu ketangkasan kali ini.

“Kami sudah persiapkan semuanya agar domba-domba ini bisa tampil prima. Mulai dari memberikan makanan bergizi dan merawat penampilannya sekaligus membawakan tukang urut khusus yang siap menangani setiap usai bertanding,” ujar Usep.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Kabupaten Kuningan H Ade Petruk mengungkapkan, acara adu ketangkasan domba Garut di Kuningan kali ini merupakan putaran kedua. Sebelumnya digelar di Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, masih ada enam putaran lagi kegiatan adu ketangkasan domba Garut di Jawa Barat. Lokasinya berbeda-beda.

“Nanti domba-domba Garut terbaik akan mengikuti ajang bergengsi memperebutkan hadiah sangat besar dari Presiden pada Piala Kemerdekaan RI, Agustus mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” ujar koordinator HPDKI Wilayah III Jawa Barat.

Dalam seleksi kali ini, kata Ade, diikuti para peternak domba Garut se-Jawa Barat. Mulai dari daerah asalnya yaitu Kabupaten Garut, Bandung, Sumedang, Majalengka, Bogor hingga Cirebon.

Rencananya pada putaran ketiga nanti, kegiatan seleksi adu ketangkasan domba Garut akan digelar di Bogor. “Saya punya 12 domba Garut unggulan, namun hanya menurunkan lima yang terbaik di semua kelas. Mudah-mudahan ada di antaranya yang lolos bisa ke Jakarta,” harap Ade.

Sebanyak 392 domba Garut beradu kekuatan di Lapang Randu, Jalan Juanda, Kuningan, Minggu (26/3) kemarin. Domba-domba jantan yang berasal dari berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News