4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung

4 Buah Ini Bisa Bikin Perut Kembung
ILUSTRASI. Perut Kembung. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Pernahkah Anda merasakan perut kembung setelah memakan beberapa jenis buah tertentu? Nyatanya beberapa jenis buah memang bisa menyebabkan perut Anda bergas alias kembung.

Pada dasarnya, buah-buahan mengandung banyak gula, khususnya fruktosa dan sorbitol. Dan bila Anda terlalu banyak menelan dua zat tersebut, perut bisa bereaksi.

Kondisi ini bisa semakin tidak nyaman bila sebelumnya Anda sudah memiliki kondisi pencernaan yang tidak baik.

Bahkan, dilansir dari Women’s Health, buah yang mengandung gas akan menyebabkan Anda merasa begah seperti baru saja melahap semangkuk mi ramen! Berikut ini adalah buah-buahan yang dimaksud:

1. Pir

Sebenarnya, buah yang mengandung banyak air dan rasanya manis ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, pir mengandung pektin, yakni sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Itulah mengapa orang yang sedang melakukan diet - untuk menurunkan berat badan maupun untuk menangani penyakit tertentu - direkomendasikan untuk mengonsumsi buah pir.

Namun sayangnya, di balik manfaatnya baik tersebut, pir juga mengandung sorbitol, yaitu gula alkohol yang biasanya ditambahkan ke dalam permen karet. Pada dasarnya, jika kondisi perut Anda tak bermasalah, sorbitol dapat membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.

Dilansir dari Women’s Health, buah yang mengandung gas akan menyebabkan Anda merasa begah seperti baru saja melahap semangkuk mi ramen.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News