4 Efek Samping Makan Timun Untuk Ibu Hamil

4 Efek Samping Makan Timun Untuk Ibu Hamil
Jus mentimun. Foto: The Juice Chief

jpnn.com - Mungkin Anda sering mendengar bahwa timun tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makan timun saat hamil dikaitkan dengan terjadinya keguguran. Bagaimana pandangan medis terhadap informasi ini? Sesungguhnya, bolehkah ibu hamil makan timun?

Jawabannya, boleh. Sebab, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan kaitan antara timun dan keguguran. Dengan begitu, mitos tersebut tidak perlu dipercaya lagi.

Namun, makan timun saat hamil secara berlebihan juga bisa mendatangkan efek samping. Berikut efek samping timun untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan Risiko Tertular Penyakit

Salah satu efek sampingnya adalah adanya peningkatan risiko ibu hamil tertular penyakit yang bersumber dari kuman. Hal ini berkaitan dengan cara konsumsi timun yang lebih baik dilakukan dalam kondisi mentah.

Makanan yang dikonsumsi tanpa melewati proses pemasakan memang bisa menimbulkan risiko tertular kuman seperti Salmonella typhi, E. coli, Vibrio cholerae, dan lain-lain.

Nah, satu-satunya cara untuk menghindari hal ini adalah dengan mencuci timun secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.

2. Perut Kembung dan Sering Bersendawa

Makan timun saat hamil secara berlebihan dapat menimbulkan banyak gas di saluran cerna. Karena itulah, ibu hamil bisa merasakan perut kembung sehingga lebih sering bersendawa.

3. Buang Air Besar Encer

Meskipun belum tentu terjadi pada semua orang, kandungan air yang banyak dalam timun dapat menyebabkan terjadinya buang air besar yang lebih lunak.

Makan timun saat sedang hamil secara berlebihan juga bisa mendatangkan efek samping.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News