JPNN.com

4 Jenis Minuman Ini Bisa Atasi Susah Tidur

Jumat, 29 November 2019 – 18:07 WIB
4 Jenis Minuman Ini Bisa Atasi Susah Tidur - JPNN.com

jpnn.com - Tahukah Anda kalau tidur malam sebenarnya adalah salah satu komponen penting kesehatan tubuh? Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan istirahat malam tersebut. Bahkan, ada yang mengaku susah tidur pada saat malam hari. 

Sejumlah ahli medis merekomendasikan orang dewasa berusia 18-60 tahun sebaiknya memiliki waktu tidur 7-9 jam. Terlalu sedikit waktu tidur malam dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Misalnya, depresi, diabetes, penyakit jantung, hingga kematian.

Beberapa orang mengaku tidak bisa tidur nyenyak hingga 7 jam penuh setiap malam. Dilansir dari laman WebMD, penyebab tidur bisa dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya, Anda mengalami stres, gangguan emosi, tidak nyaman dengan lingkungan tidur, sedang minum obat, dan perubahan waktu tidur.

Kebiasaan susah tidur ini sebenarnya bisa dikurangi dengan bantuan minuman. Sejumlah minuman diketahui dapat merangsang Anda untuk tidur lelap secara alami. Berikut ini beberapa minuman yang bisa diteguk ketika akan pergi tidur malam.

1. Jus ceri

Ceri adalah buah-buahan bercita rasa manis atau asam. Kalau Anda pernah lihat buahnya, pasti ada macam-macam warna, seperti kuning, merah, dan ungu. Buah ini tidak hanya dikenal sebagai penghias kue. Ternyata, buah manis ini punya beberapa manfaat kesehatan.

Salah satunya untuk mengatasi susah tidur. Ceri memiliki kandungan tryotophan. Ini merupakan asam amino yang memicu produksi hormon melatonin. Hormon ini mengatur siklus bangun dan tidur Anda. 

Dilansir dari Healthline, ada sebuah studi 1 minggu yang dilakukan pada 20 orang. Dari hasil studi tersebut, ditemukan minum konsentrat jus ceri setiap hari dapat meningkatkan kadar hormon melatonin. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy