Selasa, 19 Maret 2019 – 08:45 WIB

4 Makanan Ini Bisa Membantu Menangkal Flu

Kamis, 10 Januari 2019 – 21:05 WIB
4 Makanan Ini Bisa Membantu Menangkal Flu - JPNN.COM

Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com - Menurut laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan 2018/2019 diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari. Seiring dengan hujan yang masih sering terjadi, flu pun bisa menyerang siapa saja yang kekebalan tubuhnya rendah. Jika sudah terserang flu, aktivitas harian pun akan terganggu.

Flu umumnya memberikan gejala berupa hidung tersumbat, batuk, pilek, dan kadang disertai demam. Meski biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, flu tetap bisa mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup jika tidak diobati dengan benar. Lebih dari itu, flu juga bisa mengancam jiwa.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk melakukan beragam upaya untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima di musim hujan ini. Dengan begitu, risiko flu juga akan semakin rendah. Nah, untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya flu tidak terjadi, salah satu cara praktis yang bisa Anda lakukan adalah makan!

Ya, Anda tidak salah baca. Makan memang mampu menangkal flu. Tapi, bukan sembarang makan, melainkan makan jenis makanan tertentu yang terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Buah bluberi

Penelitian menunjukkan bahwa buah bluberi memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal efek buruk radikal bebas.

Tak cuma itu, buah berwarna biru gelap ini juga mengandung quercetin, yakni flavonoid yang bertindak seperti antihistamin dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan kanker.

Para peneliti bahkan berspekulasi bahwa efek antihistamin quercetin dapat pula membantu mengurangi gejala yang terkait dengan alergi, termasuk pilek dan mata berair.  Anda dapat mengonsumsi buah bluberi secara langsung, mencampurkannya dengan yoghurt, atau menjadikannya smoothie yang tidak ditambahkan gula.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar