4 Makanan ini Bisa Membantu Mengurangi Efek Rokok

4 Makanan ini Bisa Membantu Mengurangi Efek Rokok
Ilustrasi merokok. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Perokok tahu betapa buruknya rokok bagi kesehatan, tetapi tetap saja menutup mata. Demi tubuh sehat, cobalah perlahan kurangi hingga berhenti merokok. Sementara menunggu, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi efek merokok. Apa saja?

Paru-paru punya risiko tinggi terserang penyakit karena berhubungan dengan dunia luar lewat saluran napas atas. Kondisi tersebut menjadikan organ pernapasan ini terpapar alergen, polutan, atau mikroba. Kebiasaan merokok dan menghirup polusi udara tentu bisa berdampak buruk pada paru-paru.

Mengurangi efek rokok dengan makanan ini

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru. Tak hanya untuk para perokok atau mereka yang baru saja berhenti merokok, tetapi juga orang-orang yang sering terpapar polusi udara, memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapsan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan cystic fibrosis (fibrosis kistik). Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi:

1. Vitamin A

Vitamin A mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menangkal radikal bebas di sel tubuh, sehingga bisa mencegah kerusakan sel. Contoh makanannya adalah ubi jalar, labu, wortel, dan paprika untuk mendapatkan vitamin A.

2. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga mengandung antioksidan dan antiradang yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan asap rokok.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru. Tak hanya untuk para perokok atau mereka yang baru saja berhenti merokok, tetapi juga orang-orang yang sering terpapar polusi udara.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News