4 Makanan ini Wajib Dihindari Penderita Anemia

4 Makanan ini Wajib Dihindari Penderita Anemia
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit anemia. Beberapa tanda Anda mengalami anemia seperti tubuh menjadi lelah, kulit terlihat pucat (cenderung kekuningan) dan sulit berkonsentrasi.

Pada sebagian kasus, anemia bukanlah kondisi yang berbahaya. Sejumlah dokter hanya menyarankan proses penyembuhan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi.

Beberapa makanan tertentu bisa menghambat penyerapan zat gizi pembentuk penyerapan darah, sehingga hal ini akan memperparah penyakit anemia.

Berikut ini makanan-makanan yang harus Anda hindari seperti dilansir dari Klikdokter:

1. Tanin.

Tanin adalah zat alami yang terdapat pada tumbuhan. Tanin bisa ditemukan dalam teh hijau dan hitam, biji-bijian, kopi, anggur dan jagung. Konsumsi makanan yang mengandung tanin bisa menganggu penyerapan nutrisi dari sayuran-sayuran berdaun hijau gelap.

Saat seseorang memiliki penyakit anemia, mengonsumsi kafein dalam kadar berlebih dapat menyebabkan anemia yang dialaminya semakin parah. Kafein bisa menyebabkan terganggunya proses absorpsi yaitu kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah.

Bahkan dr.Nadia Octavia dari KlikDokter, menekankan agar penderita anemia tidak minum kopi atau teh saat makan, karena minuman ini bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Beberapa penderita anemia mungkin memiliki masalah dengan gluten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News