4 Pilkada Di Sumbar Ditunda 2015

4 Pilkada Di Sumbar Ditunda 2015
4 Pilkada Di Sumbar Ditunda 2015
PADANG---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan Provinsi Sumbar merespons positif rencana Mendagri yang akan menunda pilkada di 43 daerah di Indonesia, mengantisipasi terganggunya tahapan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

Bahkan, KPU Sumbar pun mengharapkan agar pilkada di empat kota di Sumbar yang akan dilaksanakan pada 2013 ditunda hingga Pileg dan Pilpres 2014 selesai. Sebagaimana diketahui pada 2013 nanti ada empat daerah yang habis masa jabatan kepala daerahnya yakni Pariaman, Sawahlunto, Padang dan Padangpanjang.

Pasalnya, dalam waktu bersamaan tahapan pilkada dan pemilu legislatif serta presiden sudah berjalan. Kondisi tersebut bakal menimbulkan dampak krusial pada penyelenggaraan Pileg yang sudah ditetapkan 9 April 2014 dan Pilpres 9 Juli 2014. "Kami selaku penyelenggaraan di daerah, sangat bersyukur jika ada aturan soal itu nantinya, karena tidak mungkin kami melaksanakan tiga tahapan pemilu sekali jalan, pilkada,  pileg dan pilpres. Ini sangat krusial," ungkap Ketua KPU Sumbar Marzul Veri kepada Padang Ekspres (Group JPNN), Kamis (2/8).

Jika pilkada empat kota di Sumbar itu ditunda, Marzul Veri memperkirakan pelaksanaannya akan dilangsungkan pada 2015. Ini bakal berdampak positif untuk meminimalisir anggaran daerah, konflik dan mengatasi kejenuhan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

PADANG---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan Provinsi Sumbar merespons positif rencana Mendagri yang akan menunda pilkada di 43 daerah di Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News