4 Ribu Penerbangan Dibatalkan, 19 Orang Meregang Nyawa

4 Ribu Penerbangan Dibatalkan, 19 Orang Meregang Nyawa
Badai salju yang melanda Amerika Serikat. FOTO: AFP

jpnn.com - WASHINGTON - Badai salju melanda Amerika Serikat (AS). Sedikitnya 19 orang dilaporkan telah meregang nyawa. Perinciannya, 13 orang terlibat kecelakaan akibat cuaca buruk di Arkansas, North Carolina, Kentucky, Ohio, Tennessee, dan Virginia. Seorang tewas di Maryland dan tiga di New York saat sedang menyekop salju. Dua lainnya tewas karena hipotermia di Virginia. 

''Ini peringatan bagi setiap orang, jangan terlalu memaksakan diri. Terutama orang-orang yang memiliki masalah kesehatan,'' kata Wali Kota New York Bill de Blasio. 

Badai salju yang datang sejak Sabtu (23/1) tersebut juga telah membuat lebih dari 4.400 penerbangan di New York, Philadelphia, Washington, dan Baltimore ditunda atau dibatalkan. Pembatalan penerbangan itu diperkirakan akan berlangsung hingga hari ini. 

Berdasar data dari FlightAware.com, hari ini ada 600 penerbangan yang dibatalkan. 

Badai itu juga memutuskan listrik yang seharusnya tersalurkan ke 200 ribu penduduk. Pemerintah Amerika Serikat (AS) bahkan menerjunkan 2.200 penjaga keamanan nasional untuk membantu penduduk. 

Ketebalan badai salju yang dijuluki Snowzilla tersebut mencapai 60 sentimeter di Washington dan lebih dari 50 sentimeter di New York. Ia membawa angin berkekuatan 40 kilometer per jam. 

Badai kali ini merupakan kedua terbesar di New York. Karena itulah, Gubernur New York Andrew Cuomo telah menutup seluruh jalan, terowongan, dan jembatan di hampir seluruh wilayah sebelum badai tersebut datang. Jalanan itu baru dibuka kemarin pukul 07.00 waktu setempat. 

Tidak hanya jalanan yang sepi kendaraan, pertunjukan di Broadway pun dibatalkan. Museum serta toko-toko tutup. Layanan bus hanya dilakukan sampai siang hari. ''Keselamatan adalah prioritas utama kami,'' ujar Cuomo. 

WASHINGTON - Badai salju melanda Amerika Serikat (AS). Sedikitnya 19 orang dilaporkan telah meregang nyawa. Perinciannya, 13 orang terlibat kecelakaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News