400 Madrasah Swasta Diubah Jadi Negeri

400 Madrasah Swasta Diubah Jadi Negeri
400 Madrasah Swasta Diubah Jadi Negeri
JAKARTA - Madrasah swasta berpeluang besar menjadi madrasah negeri. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Mohammad Ali mengatakan bahwa proses perubahan madrasah ke madrasah negeri hingga kini masih dilakukan, hanya saja pihak madrasah yang harus lebih aktif mengajukan proposal ke Kemenag.

"Menjadikan madrasah swasta menjadi madrasah negeri, kami sifatnya pasif. Menunggu pengajuan dari pihak madrasah," kata Ali kepada pers terkait satu tahun kinerja Kemenag, di Jakarta, Kamis (21/10).

Dia menjelaskan, proposal yang diajukan madrasah swasta akan diverifikasi oleh tim di Kemenag. Setelah itu, berkas tersebut diserahkan ke negara. "Kalau sudah menjadi negeri, madrasah itu akan diserahkan ke negara karena sudah menjadi aset negara," paparnya, didampingi Sekretaris Ditjen Pendis Affandi Muchtar dan Direktur Pendidikan Madrasah Firdaus Basuni.

Proses penegerian madrasah, lanjut Ali, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Proses penegerian madrasah juga harus mendapat surat rekomendasi dari KemenPAN & RB. Surat dari KemenPAN itu menjadi pintu gerbang madrasah tersebut menjadi negeri," kata Ali.

JAKARTA - Madrasah swasta berpeluang besar menjadi madrasah negeri. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Mohammad Ali mengatakan bahwa proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News