400 WNI Sudah Dievakuasi Dari Mesir

Hari ini Pesawat Mendarat di Tanah Air

400 WNI Sudah Dievakuasi Dari Mesir
400 WNI Sudah Dievakuasi Dari Mesir
JAKARTA - Pemerintah Mesir akhirnya memberikan lampu hijau bagi pesawat evakuasi yang disiapkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI untuk mendarat di Kairo. Pesawat yang akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Mesir yakni Garuda Indonesia Boeing 747-400 berkapasitas 428 penumpang akan kembali tiba di Tanah Air Hari ini.

"Rencananya pesawat evakuasi akan kembali tiba di Jakarta pukul 11 siang besok," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Internasional Kemenlu, Tatang Budiutama Razak di Jakarta tadi malam (1/2).

Rencananya, pesawat akan diisi penuh karena saat ini jumlah WNI yang harus dievakuasi dari Mesir masih cukup banyak. Namun, Tatang belum bisa memastikan jumlah riil WNI yang akan diangkut. Diharapkan pesawat akan mengangkut sekitar 400 penumpang. Tatang mengatakan dari sekitar 6.200 WNI di Mesir tidak semuanya menginginkan kembali ke Tanah Air. Tatang mengakui ada beberapa warga Indonesia yang ingin tetap tinggal di Mesir. Sebagian besar dari mereka yang menolak dievakuasi adalah para pelajar yang studinya sudah hampir rampung. "Solusinya kami upayakan agar mereka dibawa ke tempat yang lebih aman," kata dia.

Evakuasi gelombang selanjutnya akan dilakukan dengan pesawat sewa dari Maskapai Batavia Air dan Lion Air dengan kapasitas yang sma yakni 400 orang. Sebelumnya, pesawat Garuda Indonesia sempat tertahan di Jeddah, Arab Saudi, yang berjarak sekitar dua sampai tiga jam perjalanan. Pesawat tertahan karena belum mendapat izin clearance pendaratan dari Kairo. Kemenlu melaporkan bahwa bandara Kairo sangat sibuk. Banyak pesawat-pesawat asing yang juga mendarat untuk melakukan evakuasi warganya.

JAKARTA - Pemerintah Mesir akhirnya memberikan lampu hijau bagi pesawat evakuasi yang disiapkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI untuk mendarat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News