406 Korban Gempa Fiktif

Penyaluran Dana Korban Gempa 2007

406 Korban Gempa Fiktif
406 Korban Gempa Fiktif
PADANG- DPRD Padang kembali menemukan adanya indikasi penyimpangan dalam pendistribusian dana bantuan gempa 2007 yang telah disalurkan pemerintah. Pekan lalu, para wakil rakyat itu menemukan terjadinya penggelembungan data korban gempa yang rumahnya mengalami rusak sedang.

Sedikitnya, 506 korban gempa 2007 tak jelas penerimanya. Sementara Pemko mengklaim data tersebut telah valid dan hasil verifikasi dari tingkat RT sampai ke kecamatan.

"Dari data yang diberikan Pemko ke kami sebelum rekomendasi DPRD dikeluarkan, penerima bantuan gempa berjumlah 8.286 orang. Saat itu tercatat 900 masyarakat rumahnya mengalami rusak berat. Setelah diverifikasi ternyata hanya 520 masyarakat yang rumahnya rusak berat. Sisanya, sebesar masyarakat itu digabungkan jumlahnya dengan masyarakat yang terdata di korban gempa yang rumahnya rusak sedang. Anehnya pada Perwako yang dikeluarkan Pemko korban gempa malah membengkak dari angka itu," ujar Anggota Komisi C, Januardi Sumka, kemarin.

Data korban gempa yang rumahnya rusak sedang berjumlah 1.829 orang. Dengan adanya penambahan angka sekitar 380 orang dari korban gempa yang telah diverifikasi, total keselurahannya berjumlah  2.209 orang. Pada Perwako No 7 tahun 2010 tentang Penyaluran Dana Gempa, korban gempa 2007 untuk rusak sedang berjumlah 2.715 orang.

PADANG- DPRD Padang kembali menemukan adanya indikasi penyimpangan dalam pendistribusian dana bantuan gempa 2007 yang telah disalurkan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News