416 Desa di Bogor Sudah Miliki BUMDes

416 Desa di Bogor Sudah Miliki BUMDes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar. Foto : dok jpnn

jpnn.com - BOGOR- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar terus mendorong peningkatan ekonomi pedesaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Karena diyakini mampu membantu masyarakat dalam membangun desa.

“Dana desa yang sudah disalurkan dapat digunakan untuk membangun pasar desa yang dikelola melalui BUMDes. Untuk itu saya meminta agar masyarakat berperan aktif mendukung program ini, terutama ibu-ibu,” ujar Marwan saat berkunjung ke Desa Sukamanah, Megamendung, Bogor, Rabu (6/1).

Marwan mengapresiasi program BUMDes yang berjalan cukup baik di Desa Sukamanah, sehingga selanjutnya harus ada penentuan nama BUMDes tersebut agar nantinya dapat didampingi oleh pusat untuk pengembangan lebih lanjut.

“Sudah sangat bagus dengan terbentuknya BUMDes di sini. Silahkan tentukan namanya dan nanti akan kami dampingi jika memang memerlukan bantuan dan arahan untuk mengembangkannya,” ujar Marwan.

Menteri kelahiran Pati ini menambahkan bahwa BUMDes yang terbentuk di hampir 416 desa se Kabupaten Bogor masih cukup minim. Padahal dengan adanya BUMDes desa akan sangat terbantu secara ekonomi.

“Dari total 416-an desa di Kabupaten Bogor, hanya 123 desa yang sudah memiliki BUMDes. Hal ini masih tergolong kecil jika kita melihat manfaat BUMDES yang akan sangat membantu masyarakat desa,” ujar Marwan.

Dalam blusukannya, Menteri Desa pertama ini mengunjungi pasar desa untuk mengecek secara fisik. Selain itu, Marwan juga memantau produk BUMDes yang dipasarkan di pasar desa, serta aktivitas simpan-pinjam yang juga berlangsung di tempat yang sama.(gir/jpnn)


BOGOR- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar terus mendorong peningkatan ekonomi pedesaan melalui Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News