45 Ribu Warga Kaltim Diduga Pakai Narkoba

45 Ribu Warga Kaltim Diduga Pakai Narkoba
45 Ribu Warga Kaltim Diduga Pakai Narkoba
SAMARINDA – Kepala Satuan Pembinaan dan Penyuluhan Direktorat Narkoba Polda Kaltim, Kompol Anang Triwidiandoko menyebutkan sedikitnya 45.366 warga Kaltim menggunakan narkoba. Data tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia pada tahun 2010. 

“Dari 3,2 juta penduduk Indonesia yang terindikasi sebagai pengguna narkoba, diketahui penduduk Kaltim yang menggunakan narkoba sebanyak 45.366 orang,” ungkap Anang Triwidiandoko.

Di tahun 2013, diperkirakan pengguna narkoba di Kaltim berkisar 67 ribu pecandu. Hal ini tentu semakin menyulitkan upaya Bangsa Indonesia untuk lepas dari penggunaan narkoba di tahun 2015. Lebih parah lagi, dari data perkiraan yang ditunjukkan, sebanyak 27 ribu pelajar di Kaltim terindikasi sebagai pecandu narkoba.

Selain itu, ada informasi bahwa sampai sekarang peredaran narkoba juga masih terjadi di lingkungan rumah tahanan (rutan).

Terkait hal tersebut, Badan Narkotika Provinsi (BNP) Kaltim melakukan inspeksi mendadak (sidak) narkoba di Rutan Klas IIA Sempaja, Kamis (20/5) kemarin. Sayangnya petugas tidak menemukan narkoba di dalam sel tahanan.

SAMARINDA – Kepala Satuan Pembinaan dan Penyuluhan Direktorat Narkoba Polda Kaltim, Kompol Anang Triwidiandoko menyebutkan sedikitnya 45.366

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News