47 Ribu Kendaraan Padati Tol Cikopo

47 Ribu Kendaraan Padati Tol Cikopo
47 Ribu Kendaraan Padati Tol Cikopo

PURWAKARTA–
Lonjakan jumlah kendaraan arus mudik dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang melewati pintu gerbang tol Cikopo Purwakarta, akan terjadi pada Rabu Pagi (8/9). Arus mudik gelombang pertama akan mulai bergerak dari arah Jakarta hari ini, yakni pada saat jam pulang kerja hingga menjelang maghrib. Setelah itu, arus kendaraan yang bergerak dari Jakarta pada malam harinya akan mengalir masuk gerbang tol Cikopo sampai subuh.

Sementara gelombang terakhir akan bergerak dari Jakarta usai sahur pada Rabu (8/9), ”Jumlah kendaraan diperkirakan akan menembus angka 47 ribu kendaraan, meningkat sekitar 300 persen dibandingkan hari – hari biasa,” kata Mulyadi, Kepala Gerbang Tol Cikopo, kemarin.

Menurutnya, puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan H-2, ketika karyawan mulai memasuki hari libur. ”Untuk mencegah terjadinya penumpukan arus di ruas jalan menjelang gerbang tol Cikopo, sejak H-5 pihak Jasa Marga sudah memberlakukan jalur satu arah dengan membuka 14 loket karcis keluar,” tambah dia.

Rekayasa lalu lintas, juga dilakukan dengan cara mengalihkan arus di kilometer 66 menuju tol Cipularang dan keluar di pintu gerbang Sadang untuk selanjutnya arus mudik menyusuri jalur tengah Sadang-Kalijati-Subang-Cikamur ang-Cijelag-Palimanan. Untuk arus kendaraan angkutan mudik jenis bus tujuan Pantura, dialihkan melalui pintu gerbang Kalihurip-fly over Cikampek-fly over Jomin bablas ke Pantura, tanpa harus lewat simpang Jomin.

PURWAKARTA–Lonjakan jumlah kendaraan arus mudik dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang melewati pintu gerbang tol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News