49 Ribu Rakyat Kebumen Nganggur

49 Ribu Rakyat Kebumen Nganggur
49 Ribu Rakyat Kebumen Nganggur
KEBUMEN - Jumlah pengangguran di Kebumen terakhir melalui Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakaernas) di tahun 2009 sudah mencapai 49.262 orang. Jumlah ini berarti 8.06 persen dari total jumlah angkatan kerja yang ada di Kabupaten Kebumen yang mencapai 611.031 orang. Ada pun jumlah  penduduk Kabupaten Kebumen adalah 1,258 juta jiwa.

Jumlah pengangguran tersebut  terdiri dari penduduk Kebumen yang berusia 15 tahun keatas yang belum mendapat pekerjaan atau pernah bekerja namun saat ini tidak dalam kondisi bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Meski tidak terperinci, jumlah pengangguran terbanyak berada di wilayah perkotaan.

“Mereka  benar-benar tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan atau sedang dalam tahap mencari pekerjaan,” ujar Adi Kepala BPS Kebumen, Drs Sunardi  MM melalui Kasie Statistik dan Sosial, Drs Adi Siswantoro.

Selain jumlah penganggur yang besar, hingga kini, lanjut Adi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga belum mempunyai data akurat mengenai ketenagakerjaan di  Kebumen saat ini. Padahal, data tersebut sangat penting untuk mengatasi masalah-masalah ketenagakerjaan,  termasuk didalamnya mengurangi tingkat pengangguran.

KEBUMEN - Jumlah pengangguran di Kebumen terakhir melalui Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakaernas) di tahun 2009 sudah mencapai 49.262 orang. Jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News