5 Anggota KPPS Meninggal Dunia, Afif KPU Berharap Tak Bertambah

5 Anggota KPPS Meninggal Dunia, Afif KPU Berharap Tak Bertambah
Ilustrasi - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap jumlah anggota KPPS yang meninggal dunia tidak bertambah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut sebanyak lima anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 meninggal dunia.

Mereka meninggal dunia akibat kelelahan dan terlibat kecelakaan.

Menanggapi hal tersebut anggota KPU Mochammad Afifuddin berharap jumlah anggota KPPS yang meninggal akibat kelelahan tak bertambah.

"Mudah-mudahan enggak bertambah, karena memang upaya-upaya kan sudah dilakukan ya. Tes kesehatan, pembatasan usia dan seterusnya," ujar Afif di Jakarta, Selasa (13/2).

Menurutnya KPU sudah melakukan segala upaya untuk memitigasi hal tersebut termasuk kerja sama dengan daerah dalam meng-cover dampak-dampak berupa santunan.

Selain itu, KPU juga sudah memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada seluruh KPPS yang pihaknya sebut sebagai upaya dari skema untuk meringankan beban kerja.

Menurut Afif bimbingan teknis yang diberikan berbeda dibanding pemilu sebelumnya di mana peserta yang turut ikut hanya ketua dan satu anggota KPPS.

"Kami menggelar bimtek serentak dan seterusnya," ucapnya.

Anggota KPU Mochammad Afifuddin berharap jumlah anggota KPPS yang meninggal dunia tidak bertambah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News