5 Buah ini Bisa Meningkatkan Kolagen Dalam Tubuh

5 Buah ini Bisa Meningkatkan Kolagen Dalam Tubuh
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Bagi Anda yang selalu ikut perkembangan kecantikan, pasti sudah tahu, dong, pentingnya kolagen untuk kulit. Kita memang butuh komponen kolagen untuk mempercantik kulit. 

Kabar baiknya, kolagen bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Tapi, jika produksi kolagen dari dalam tubuh berkurang, maka ada satu cara lagi yang bisa bantu tingkatkan produksi kolagen, yaitu dengan makan buah-buahan! Buah apa saja, ya?

Mengapa Tubuh Butuh Kolagen?

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, kolagen adalah sebuah protein dalam tubuh yang bekerja sama dengan keratin untuk membentuk kulit sehat, cantik, dan tampak halus. 

Selain itu, kolagen sendiri juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit wajah maupun kulit bagian lainnya tidak mudah kendur. 

“Karena fungsinya memang banyak dikaitkan untuk kulit, maka kolagen juga sering disebut sebagai sumber kecantikan dan kunci awet muda bagi banyak orang,” jelas dr. Devia.

“Di bidang kesehatan dan kecantikan, kolagen sendiri dimanfaatkan untuk membantu regenerasi kulit dan membantu penyembuhan luka yang lebih cepat. Pada kasus luka bakar misalnya, kita mencangkok bagian kulit lainnya, kemudian ditempelkan di luka bakar agar ada regenerasi kulit, di sini yang ada peran kolagen,” tambahnya.

Mengonsumsi kelima buah-buahan di atas memang baik untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Tapi, imbangi juga dengan pola hidup sehat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News