5 Buah ini Harus ada dalam Menu Harian Anda

5 Buah ini Harus ada dalam Menu Harian Anda
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Semua orang tahu bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang memberikan serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan setidaknya 2-3 porsi dalam menu harian, khususnya lima jenis buah yang akan dibahas lebih lanjut di sini.

Selain bisa menjadi sumber energi dan sumber serat, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, konsumsi buah-buahan juga bisa membantu Anda untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Saat ini, buah-buahan dapat disajikan dalam menu sehari-hari dalam berbagai bentuk sehingga lebih menarik dan tidak membosankan untuk dikonsumsi.

Umumnya—selain buah potong atau dimakan langsung—banyak orang yang mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Namun, saat ini buah juga bisa dinikmati dalam bentuk makanan seperti kue.

Sebelum memasukkan buah-buahan ke dalam menu harian Anda, ada baiknya mengetahui manfaat konsumsi buah-buahan secara lebih spesifik, khususnya manfaat dari lima jenis buah yang kaya nutrisi ini:

1. Alpukat.

Buah yang satu ini berbeda dengan kebanyakan buah lainnya, karena alpukat mengandung karbohidrat dalam jumlah sedikit. Tak hanya itu, alpukat lebih banyak mengandung lemak sehat seperti asam oleat. Asam oleat merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Konsumsi buah-buahan juga bisa membantu Anda untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News