Senin, 17 Desember 2018 – 19:50 WIB

5 Cara Agar Anak Tidur Tepat Waktu

Kamis, 11 Oktober 2018 – 22:12 WIB
5 Cara Agar Anak Tidur Tepat Waktu - JPNN.COM

jpnn.com - Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Untuk itu terapkan cara ini anak bisa tidur tepat waktu.

Mengarahkan anak untuk tidur tepat waktu atau pada jam semestinya jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Terpaan teknologi, seperti ponsel pintar membuat mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan gawainya, sehingga jam tidurnya pun menjadi mundur.

Jika tak segera diatasi, anak bisa mengalami gangguan tidur.

National Sleep Foundation memperkirakan 48 persen orang di Amerika senang menggunakan gawai menjelang waktu tidur, tak terkecuali anak-anak. Bahkan, 30 persen di antaranya meletakkan gawai di samping tempat tidur, yang memicunya untuk kembali menengok layar ponsel. Data ini diperoleh dari hasil survei terhadap 1.500 orang responden pada 2014.

Selain itu, dilansir dari jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences(PNAS), cahaya biru dari gawai dapat menekan sekresi hormon melatonin yang seharusnya berfungsi mengatur pola tidur, sehingga mengacaukan jam biologis. Meski semua cahaya bisa berdampak buruk, namun cahaya biru pada gawai memberikan efek paling kuat di antara cahaya lainnya.

Ironisnya, baru-baru ini dilaporkan bahwa semakin banyak anak-anak yang menderita masalah tidur sebagai akibat dari kegandrungan mereka akan media sosial. Karena biasanya, anak-anak cenderung memainkannya sebelum mereka tidur.

Meskipun tak mudah untuk memberlakukan jam malam untuk pemakaian gawai pada anak, ada sejumlah metode dari para ahli yang bisa Anda terapkan sebagai orang tua untuk mencoba dan membantu anak-anak terlelap dengan nyenyak di malam hari atau mendapatkan tidur yang cukup, seperti diberitakan oleh Independent:

1. Hindari penggunaan gawai menjelang waktu tidur

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar