5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Ayam yang digoreng dengan tepung memang nikmat. Lalu makanlah dengan nasi hangat. Sebagai camilan, martabak manis dengan butter yang banyak. Nah, kalau mau menurunkan kolesterol tinggi, orang bilang caranya adalah sebelum makan peras dulu minyak makanan tersebut dengan tisu.

Menurut Anda, cara tersebut bisa efektifkah? Tentu saja tidak bisa! Trik tersebut tidak akan berguna untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda ingin kiat yang terbukti lebih manjur, berikut lima hal yang patut dicoba:

1. Olahraga.

Ya, mendengar kata ‘olahraga’ saja rasanya sudah malas. Tapi cobalah dulu. Kalau sudah melakukannya, Anda bisa-bisa bakal ketagihan dan sulit berhenti.

Jenis olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah aerobik (jalan kaki, joging, berenang, bersepeda) dan strength training.

Sebisa mungkin, lakukanlah aerobik setiap hari. Jika belum sanggup, cobalah 30 menit sebanyak lima kali seminggu. Untuk strength training, terapkan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Makan sayuran setengah porsi.

Sepertinya mudah, ya, kalau cuma makan sayuran setengah porsi. Tapi, maksudnya sayuran setengah porsi adalah makan sayuran yang banyaknya mengisi setengah porsi makan Anda.

Tidak sulit untuk menurunkan kolesterol tinggi asalkan Anda mempunyai niat untuk melakukannya.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News