Rabu, 20 Juni 2018 – 12:51 WIB

6 Cara ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Sabtu, 14 April 2018 – 05:11 WIB
6 Cara ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit mematikan seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

Di Indonesia, terdapat 26 juta penduduk Indonesia yang mengalami peningkatan kadar kolesterol. Dari jumlah itu, 80 persen orang meninggal mendadak akibat serangan jantung, dan 50 persennya tidak menampakkan gejala sebelumnya.

Menurut data Center for Disease Control and Prevention (CDC), peningkatan kadar kolesterol tinggi, atau yang biasa disebut hiperkolesterolemia, lebih sering terjadi pada pria (36,2%) dibandingkan wanita (31%).

Kadar kolesterol tinggi pada orang dewasa dinyatakan tinggi apabila nilainya mencapai lebih dari 240 mg/dl. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) di dalam darah.

Hal ini dapat terjadi karena genetik maupun gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari pola makan yang tidak seimbang sampai kurangnya aktivitas olahraga.

Kombinasi antara protein dan kolesterol dalam darah biasa disebut lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yaitu:

Low-density lipoprotein (LDL), atau lemak jahat. LDL akan tertimbun dan menjadi penghambat dalam pembuluh darah.

High-density lipoprotein (HDL), atau lemak baik. HDL akan mengambil kandungan kolesterol yang berlebih dan membawanya kembali ke hati.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar