5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Air mineral. Ilustrasi. Foto HealthyCare

jpnn.com - jpnn.com - Secara keseluruhan, sistem daya tahan tubuh (imun) melakukan tugas luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Namun ada kalanya sistem tersebut gagal, di mana mikroba berhasil menembus pertahanan tubuh dan membuat kita sakit.

Lalu bisakah kita meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat?

Faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, istirahat, stres hingga suplemen yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi tingkat daya tahan tubuh.

Kunci utamanya adalah dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat. Setiap bagian tubuh, termasuk sistem imun akan bekerja dengan lebih baik, jika terlindung dari pengaruh buruk lingkungan dan diperkuat dengan aturan pola hidup yang sehat.

Beberapa tips sederhana berikut ini akan mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh secara alami, seperti dilansir laman Today, Minggu (26/2).

1. Cukup tidur.

Cara ini benar-benar bekerja. Tubuh memberikan sinyal sistem kekebalan kimia yang disebut sitokin yang terlibat dalam tidur dan orang-orang yang tidak mendapatkan cukup tidur tidak hanya lebih rentan terhadap infeksi, tetapi mereka tidak mendapatkan respon yang baik untuk vaksin.

Secara keseluruhan, sistem daya tahan tubuh (imun) melakukan tugas luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News