5 Catatan Akhir Tahun Nyoman Parta PDIP Terkait Pengembangan UMKM, Nomor 4 Oke Banget

5 Catatan Akhir Tahun Nyoman Parta PDIP Terkait Pengembangan UMKM, Nomor 4 Oke Banget
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP bertemu Menteri BUMN Erick Thohir di ruang rapat Komisi VI DPR pada Kamis, 2 Desember 2021. Foto: Dokumentasi pribadi Nyoman Parta

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta menyampaikan catatan akhir tahun terkait pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Nyoman Parta, pemerintah harus berkomitmen dan lebih serius memperhatikan dan memajukan para pelaku UMKM

“Pemerintah perlu membuat kebijakan afirmatif untuk pengembangan UMKM,” kata Nyoman Parta dalam catatan Akhir Tahun, Kamis (23/12/2021).

Nyoman Parta menyampaikan lima catatan dan langkah untuk mengembangkan dan memajukan pelaku UMKM.

Pertama, bahan baku produk UMKM yang berlimpah. Bahan pangan dan rempah yang tersedia di bumi nusantara bisa dijadikan sebagai produk UMKM.

“Negara dengan iklim tropis kita memiliki bahan baku yang variannya sangat banyak. Daun, bunga, buah, umbi, pohon, kulit, akar, batang dan hati semua bisa jadi produk,” ujar Nyoman Parta.

Kedua, jumlah pelaku UMKM begitu banyak dan diperkirakan mencapai 64 juta. Posisinya berada diakar rumput dan menjadi garda depan perputaran ekonomi karena dapat menyerap tenaga kerja yang banyak.

Ketiga, penting membuat kebijakan afirmatif terhadap UMKM. Dia menilai selama ini masih banyak UMKM yang visible tetapi tidak bankable sehingga perlu kemudahan dari persyaratan untuk mendapatkan modal kerja.

Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta menyampaikan catatan akhir tahun terkait pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News