5 Jenis Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Secara Alami

5 Jenis Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Secara Alami
Ilustrasi

jpnn.com - KOLESTEROL, sudah tidak asing lagi. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh.

Namun, yang harus diperhatikan yakni, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Nah, berbagai jenis makanan ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, seperti dilansir laman Prevention, Senin (16/5).

1. Ekstrak bawang.

Sebuah studi baru-baru ini yang dipresentasikan dalam Endocrine Society menemukan bahwa, ekstrak bawang mampu menurunkan kolesterol total pada tikus yang diabetes. Sejumlah penelitian lain dalam beberapa tahun terakhir juga menemukan bawang efektif dalam mengurangi LDL kolesterol (kolesterol buruk) dan gula darah.

2. Beras merah.

Beras ragi yang merupakan beras di fermentasi mengandung senyawa yang disebut monacolin K, yang merupakan senyawa yang sama ditemukan dalam statin disebut lovastatin.

Seperti obat, monacolin memblok hati dari menciptakan kolesterol untuk melindungi sel-sel Anda. Penelitian telah menunjukkan beras merah dalam bentuk pil bisa mengurangi kolesterol LDL sebesar 10 persen hingga 30 persen.

KOLESTEROL, sudah tidak asing lagi. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh. Namun, yang harus diperhatikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News